Logo
images

Upacara Peringatan Ke-72 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 di STHM “AHM-PTHM” Ditkumad

Upacara Peringatan Ke-72 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 di STHM “AHM-PTHM” Ditkumad

Jakarta, www.sthmahmpthm.ac.id – Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk Atto Salurapa, S.H., M.H., selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin jalannya Upacara Peringatan Ke-72 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017, bertempat di lapangan upacara STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, Jl. Matraman Raya No. 126 Jakarta Timur, Kamis (17/08).

Dalam amanatnya, Irup membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono dimana Bapak Kasad menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AD, disertai harapan semoga kita senantiasa diberi kekuatan untuk dapat mempertahankan semangat dan kinerja terbaik kita, demi kejayaan Tentara Nasional Indonesia, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini.

Selanjutnya Bapak Kasad menyampaikan bahwa kita patut bersyukur karena di medan tugas apapun dan dalam kondisi dengan tantangan sesulit apapun, kita masih dianugerahi kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan baik. Hal tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dari terpeliharanya moril dan semangat pengabdian seluruh prajurit dan PNS TNI AD untuk senantiasa berbuat terbaik dalam setiap tugas di seluruh pelosok tanah air maupun diberbagai penjuru dunia dalam rangka misi pemeliharaan perdamaian.

Menurut Bapak Kasad, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah peristiwa yang sangat penting dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Menjadi merdeka merupakan dambaan dari seluruh rakyat Indonesia pada masa itu yang rela diraih dengan mengorbankan jiwa dan raga, tidak hanya untuk lepas dari penjajahan, namun lebih penting dari itu, yaitu merdeka berarti bahwa Bangsa Indonesia juga sederajat dengan Bangsa-bangsa lainnya di dunia. Selanjutnya, peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah mengkaruniai Bangsa Indonesia dengan Kemerdekaan setelah melalui sebuah perjuangan yang sangat panjang dan tidak kenal lelah dengan mengorbankan jiwa dan raga.

Diakhir amanatnya, Kasad mengingatkan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI AD, bahwa salah satu jati diri kita adalah Tentara Nasional, yang harus senantiasa mengedepankan kepentingan  nasional di atas kepentingan pribadi atau golongan. Kita yang berasal dari berbagai suku, agama, ras dan golongan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan hanya mengabdi kepada Negara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Selain itu, kita juga harus senantiasa memelihara dan terus meningkatkan kepekaan terhadap dinamika kehidupan sosial yang berkembang serta menajamkan naluri intelijen dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap berbagai potensi ancaman yang sedang berkembang.

Panglima Besar Jenderal Soedirman pernah berpesan kepada kita untuk “Pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita. Jangan sampai TNI dikuasai oleh partai politik manapun juga. Ingatlah, bahwa prajurit kita bukan prajurit sewaan, bukan prajurit yang mudah dibelokkan haluannya. Kita masuk dalam tentara, karena keinsyafan jiwa dan sedia berkorban bagi Bangsa dan Negara”.

Setelah kegiatan upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba untuk memeriahkan HUT ke-72 Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun kegiatan lomba yang telah dilaksanakan oleh organik STHM “AHM-PTHM” Ditkumad terdiri dari lomba bola volly, lomba catur dan lomba tenis meja. Juara I lomba bola voly diraih oleh kelompok Pamen, Juara I lomba Catur diraih oleh ASN Kusgianto dan Juara I lomba Tenis Meja diraih oleh Kolonel Chk Ali Ridho, S.H., M.H.

Turut hadir dalam upacara peringatan ke-72 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017, seluruh pejabat STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, Pamen, Pama, Ba, Ta dan ASN, Pamasis STHM (Angkatan XIX, XX, XXI dan XXII) “AHM-PTHM” Ditkumad. (Pamasis XXII/STHM "AHM-PTHM")


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII