Logo
images

Hukum Perikatan dan Hukum Pertanahan

Hukum Perikatan dan Hukum Pertanahan

Jakarta, sthmahmpthm.ac.id – Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) “AHM-PTHM” menggelar Kuliah Umum tentang Hukum Perikatan dan Hukum Pertanahan yang disampaikan oleh narasumber Dr. Irawan Soerodjo, S.H., MSi, bertempat di Aula STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, Senin (30/1).

Adapun rangkaian acara Kuliah Umum ini diisi dengan pembukaan, penjelasan tentang Hukum Perikatan dan Hukum Pertanahan oleh Dr. Irawan Soerodjo, S.H., MSi., sesi tanya jawab dan Penutup. Acara ini dipandu oleh pembawa acara (MC) Pamasis Zulham Sururi Angkatan XXII.

Dalam kesempatan ini, Dr. Irawan Soerodjo, S.H., MSi, menyampaikan materi pemahaman mengenai Hukum Perikatan dan Hukum Pertanahan. Menurutnya, sistem hukum yang berlaku di Indonesia adalah sistem hukum kontinental atau civil law. Dimana sistem ini mengutamakan hukum tertulis (kodifikasi), karena Indonesia merupakan bekas jajahan Belanda, maka berdasarkan asas konkordansi hukum Belanda diterapkan di Indonesia, antara lain Kitab Undang-undang Hukum Perdata (BW). Selain itu, Dr. Irawan juga menjelaskan bahwa sekilas aspek hukum terlihat mudah karena semua sudah ada aturannya dan didasarkan atas aturan yang berlaku, akan tetapi pada kenyataannya tidak demikian, karena hukum terus berubah mengikuti perkembangan masyarakat dan bidang hukum yang satu berkaitan dengan bidang hukum yang lain (interkoneksi). “tegas Dr. Irawan”.

Kuliah Umum ini dimulai sejak pukul 13.00 Wib dan berlangsung cukup meriah karena antusias para peserta baik dari organik STHM maupun dari Pamasis STHM banyak yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Diharapkan acara seperti ini sesering mungkin diselenggarakan oleh lembaga STHM, mengingat selain menambah wawasan baru, para Pamasis juga dapat lebih aktif dalam berinteraksi dan menjalin jaringan yang luas sebagai bekal untuk melaksanakan tugas di satuan yang baru.

Acara Kuliah umum ini ditutup dengan pemberian cindera mata dari Ketua STHM, Kolonel Chk I Made Kantikha, S.H., M.H., kepada narasumber Dr. Irawan Soerodjo, S.H., MSi, dan dari Ketua Senat STHM Pamasis Brahma kepada narasumber Dr. Irawan Soerodjo, S.H., MSi, dan diakhiri dengan foto bersama.

Turut Hadir Ketua STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk Drs. I Made Kantikha, S.H., M.H., Para Pejabat STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, perwakilan Perwira dari Ditkumad, dan para Pamasis Angkatan XIX, XX, XXI serta XXII. (Pamasis XXII/STHM “AHM-PTHM” Ditkumad).


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII