Logo
images

Aspek Hukum Dalam Sistem Pembayaran Dan Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Menghadapi Era Globalisasi

Aspek Hukum Dalam Sistem Pembayaran Dan Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Menghadapi Era Globalisasi

Jakarta, www.sthmahmpthm.ac.id – Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) “AHM-PTHM” menyelenggarakan Kuliah Umum bersama Bank Indonesia Mengajar tentang Aspek Hukum Dalam Sistem Pembayaran dan Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Menghadapi Era Globalisasi, dengan narasumber Rosalia Suci Handayani, S.H., L.L.M., Direktur Eksekutif Departemen Hukum Bank Indonesia Jakarta, bertempat di Aula STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Jl. Matraman Raya No. 126 Jakarta Timur, Rabu (8/2018).

Mengawali kegiatan Kuliah Umum, sebagai acara pendahuluan diawali dengan laporan Ketua Senat STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Kapten Chk Nandar Fransiska (Pamasis XXII) kepada Ketua STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk Atto Salurapa, S.H., M.H., dimana seluruh Pamasis STHM dan tamu undangan sudah siap menerima Kuliah Umum, yang akan disampaikan oleh Ibu Rosalia sebagai narasumber. Selanjutnya seluruh peserta menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua STHM “AHM-PTHM” Ditkumad.

Dalam sambutannya, Ketua menyampaikan bahwa STHM saat ini telah mendapatkan kehormatan dari Ibu Rosalia dimana beliau berkenan untuk memberikan materi kuliah umum tentang Aspek Hukum Dalam Sistem Pembayaran dan Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Dimana Ibu Rosalia biasanya memberikan kuliah umum pada Kejaksaan, namun saat ini Ibu Rosalia berkenan hadir di STHM “AHM-PTHM”. Ketua STHM juga menyampaikan agar para Pamasis STHM dapat menerima materi yang akan disampaikan oleh Ibu Rosalia, bagaimana sistem pembayaran yang dijalankan oleh Bank Indonesia berkaitan dengan ilmu teknologi informasi dan aspek hukum dalam sistem pembayarannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua STHM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rosalia yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk membagikan dan sekaligus memberikan ilmunya kepada para Pamasis STHM dan para Perwira Staf STHM, semoga ilmu yang ibu berikan akan mendapat berkah dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa dan ilmunya juga dapat bermanfaat bagi peserta sekalian. Dan semoga Ibu Rosalia pada waktu mendatang dapat mengisi kembali pengetahuan terbaru yang sedang berkembang khususnya pengetahuan tentang hukum.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi Kuliah Umum oleh Ibu Rosalia, namun sebelumnya diawali dengan pembacaan riwayat singkat narasumber, tata cara Kuliah Umum dan waktu yang diberikan oleh Kolonel Chk Dr. Tiarsen Buaton, S.H., L.L.M., selaku moderator agar Kuliah Umum dapat berjalan lancar, tertib dan terarah, kemudian moderator juga memberikan himbauan kepada para Pamasis STHM agar lebih aktif dalam menerima materi yang disampaikan narasumber, sehingga dapat memberikan saran dan pendapat ataupun menanyakan hal-hal yang belum dapat dimengerti oleh para Pamasis STHM.

Dalam kesempatan ini, inti yang disampaikan Ibu Rosalia kepada para Pamasis STHM dan para tamu undangan adalah membahas tentang keberadaan Bank Indonesia dalam melaksanakan tugas, dimana tugas Bank Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku yakni UUD 1945 dan Peraturan Pemerintah. Keberadaan Bank Indonesia juga merupakan konsekuensi dari amanat konstitusi yang meletakkan Bank sentral dalam narasi tentang ekonomi dan Keuangan Negara. Adapun tujuan, tugas dan wewenang Bank Indonesia berdasarkan UU BI pasal 7 yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah. Kemudian selain itu, BI dapat menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran dan mengatur serta mengawasi Perbankkan.

Setelah menyampaikan materi kuliah umum, Ibu Rosalia memberikan waktu dan kesempatan kepada para peserta untuk menyampaikan saran, pendapat dan pertanyaan yang berkaitan dengan perekonomian Bank Indonesia. Dalam hal ini, ada beberapa Pamasis STHM dan Perwira Staf STHM yang menanyakan berbagai permasalahan yang berkembang, terkait dengan masalah-masalah perekonomian di Indonesia dan permasalahan hukum yang terjadi serta dampak bagi masyarakat Indonesia. Dari semua pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta baik dari Perwira Staf STHM maupun para Pamasis STHM dapat diatasi oleh narasumber dengan baik. Mengingat waktu yang diberikan cukup terbatas, maka pertanyaan yang ingin disampaikan oleh para Pamasis juga dibatasi, kemudian acara ditutup dengan laporan Ketua Senat kepada Ketua STHM dan menyanyikan lagu "Padamu Negeri".

Untuk mengabadikan acara ini dan untuk mempererat tali persaudaraan, masing-masing memberikan cindera mata yaitu dari Ketua STHM “AHM-PTHM” kepada Ibu Rosalia Suci Handayani, S.H., L.L.M. dan sebaliknya dari Ibu Rosalia Suci Handayani, S.H., L.L.M. kepada Ketua STHM dan foto bersama dengan para pejabat dan para Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad.

Turut hadir dalam acara ini, Para Pejabat STHM, Kakumdam Jaya, Wakakum Kostrad, Para Perwira Staf STHM dan para Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad Angkatan XX, XXI, XXII dan XXIII. (Pamasis XXIII/STHM “AHM-PTHM”)


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII