Logo
images

Upacara Peringatan Ke-74 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 di STHM “AHM-PTHM” Ditkumad

Upacara Peringatan Ke-74 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 di STHM “AHM-PTHM” Ditkumad

Jakarta, www.sthmahmpthm.ac.idKetua Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina, S.H., M.H. selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin jalannya Upacara Peringatan Ke-74 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, bertempat di lapangan upacara STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, Jl. Matraman Raya No. 126 Jakarta Timur, Sabtu (17/08).

Dalam amanatnya, Irup membacakan amanat Direktur Hukum TNI Angkatan (Dirkumad), Brigjen TNI W. Indrajit, S.H., M.H. dimana Dirkumad menyampaikan ucapan rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat hidup di alam kemerdekaan, bebas mengembangkan segala potensi dan kemampuan kita untuk kemajuan keluarga, masyarakat, bangsa dan dunia.

Menurut Dirkumad, kemerdakaan dan kebebasan yang kita rasakan ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa, serta para pendahulu yang telah berjuang dan berkorban jiwa raga. Dengan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, mereka telah membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dan penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri. Karena itu, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendoakan para pahlawan bangsa, serta mengucap syukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini.

Selanjutnya, Dirkumad menyampaikan bahwa bagi TNI Angkatan Darat, kemerdekaan adalah refleksi dari kedaulatan bangsa yang dijamin dan dijaga oleh para pengawalnya, yaitu para prajurit bersama komponen bangsa lainnya. Para prajurit yang ada di perbatasan, di daerah konflik, di wilayah terpencil, di pedesaan, di kota-kota dan di luar negeri, dengan segenap kemampuan dan pengorbanannya adalah alas an sehingga bangsa kita masih tegak berdiri, berdaulat dan dihormati di dunia. Oleh karena itu, saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara semua, para prajurit, dan PNS TNI AD, beserta keluarganya, lebih khusus lagi, kepada mereka yang telah berkorban jiwa raga, terluka dan gugur demi tugas Negara.

Diakhir amanatnya, Dirkumad menyampaikan bahwa pada peringatan hari proklamasi tahun ini kita mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Ini menunjukkan bahwa keunggulan Sumber Daya Manusia adalah modal utama kita untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang untuk maju. Untuk itu, mari kita wujudkan tekad tersebut dengan meningkatkan profesionalisme, kinerja dan dedikasi di bidang tugas kita masing-masing, sebagai sumbangsih kita untuk kemajuan bangsa.

Setelah kegiatan upacara selesai, kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba untuk memeriahkan HUT ke-74 Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan pembagian doorprize dari Ketua STHM untuk para Organik dan Pamasis STHM yang mengikuti upacara bendera HUT RI ke 74. Adapun kegiatan lomba yang telah dilaksanakan oleh organik STHM “AHM-PTHM” Ditkumad terdiri dari lomba mengupas nanas, lomba memasukkan benang ke dalam jarum, lomba menjatuhkan gelas dengan balon, lomba joget, lomba memindahkan air dan lomba memindahkan belut.

Turut hadir dalam upacara peringatan ke-74 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, seluruh pejabat STHM “AHM-PTHM” Ditkumad, Pamen, Pama, Ba, Ta dan ASN, Pamasis STHM (Angkatan XXI, XXII, XXII dan XXIV) “AHM-PTHM” Ditkumad. (Pamasis XXII/STHM)

 

 


TAG