Logo
images

Penelitian Kewenangan Komandan Bidang Hukum di Lingkungan TNI AD

Penelitian Kewenangan Komandan Bidang Hukum di Lingkungan TNI AD

Jakarta, www.sthmahmpthm.ac.id – Bagian Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Hukum Militer (Baglit LPPM STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad telah melaksanakan beberapa penelitian yang berkaitan dengan Hukum Militer, dalam hal ini Kolonel Chk Dwi Jaka Susanta, S.H., M.H., telah selesai melakukan penelitian tentang pelaksanaan kewenangan Komandan bidang Hukum di lingkungan Angkatan Darat bertempat dibeberapa Satuan Batalyon yang dilaksanakan sejak bulan Januari sampai dengan Maret 2019.

Dalam kegiatan penelitian ini, Ketua Tim Peneliti Kolonel Chk Dwi Jaka mengatakan bahwa Doktrin tata kehidupan Militer, keberadaan Komandan satuan mempunyai kedudukan sentral dan bertanggung jawab penuh terhadap kesatuan dan anak buahnya. Tinggi rendahnya moril satuan dalam pelaksanaan tugas menjadi menjadi tanggung jawab Komandan. Itulah sebabnya keberadaan Komandan menjadi sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya pelaksanaan tugas suatu satuan. Agar peran Komandan dapat berfungsi secara efektif dalam kehidupan militer, maka doktrin militer menganut asas Kesatuan Komando (Unity Of Command). Konsekuensi adanya asas kesatuan komando, Komandan satuan pada tataran tertentu melaksanakan kewenangan di berbagai bidang misalnya kewenangan dibidang operasi militer, keuangan, administrasi personel, kesehatan, hukum dan lain sebagainya.

Adapun maksud dilakukan penelitian ini menurutnya, yaitu untuk mengetahui seberapa jauh pelaksanaan kewenangan Komandan bidang hukum di lingkungan TNI AD dan dengan tujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan kewenangan Komandan bidang hukum di lingkungan Angkatan Darat tahun Anggaran 2019, selanjutnya data tersebut diolah dan dikaji/dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan untuk dijadikan saran masukan bagi para pimpinan dalam pengambilan keputusan dan sebagai bahan untuk pengembangan ilmu pengetahuan hukum, khususnya hukum militer.

Turut serta dalam Penelitian, Kolonel Chk Dwi Jaka Susanta, S.H., M.H., Kolonel Chk Dr. Agustinus PH, S.H., M.H., Kolonel Chk Dr. Tiarsen Buaton, S.H., LLM, Kolonel Chk Sriyanto M, S.H., M.H., Mayor Chk Ahmad Makbul, S.Ag, S.H., Mayor Chk (K) Anis Retnowati, S.H., M.H., dan beberapa perwakilan dari Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad. (Pamasis STHM)


TAG

Dipost Oleh TimAdminSTHM

Pamasis STHM XXII