Logo
images

Study Tour Pamasis STHM “AHM-PTHM” Ditkumad di SMA Pesantren Unggul Al-Bayan Sukabumi

KULIAH KERJA LAPANGAN KKL PAMASIS STHM “AHM-PTHM” DITKUMAD DI SMA PESANTREN UNGGUL AL-BAYAN SUKABUMI

akarta, www.sthmahmpthm.ac.id - Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) “AHM-PTHM” Ditkumad melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Pesantren Unggul Al-Bayan Islamic Boarding School Cibadak Sukabumi, yang dipimpin langsung oleh Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina, S.H., M.H. dan di pandu oleh dosen pembimbing Mata Kuliah Hukum Dagang Prof. Dr. Tjip Ismail, S.H., M.H., MBA., MM., FCBARB., bertempat di Aula SMA Pesantren Unggul Al-Bayan Cibadak, Sukabumi, Jumat (19/7).

Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini, Rombongan Pamasis dan Para Pejabat STHM disambut hangat oleh Kepala Sekolah Al-Bayan Drs. H. Heriyanto, M.Pd. beserta Staf Guru Pengajar SMA Al-Bayan. Adapun kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini bertujuan selain untuk menambah pengetahuan juga untuk melihat sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan belajar mengajar dan tidak kalah penting untuk mempererat tali silahturahmi antara guru Al-Bayan dengan para Pamasis dan sekaligus para Pejabat STHM.

Dalam sambutannya, Ketua STHM sekaligus sebagai perwakilan dari rombongan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penyambutan yang begitu antusias menerima para Pamasis STHM untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SMA Pesantren Al-Bayan ini, semoga SMA Pesantren ini menjadi tambah berkah dan Barokah. Kemudian ucapan terima kasih yang kedua diberikan kepada Prof. Tjip yang telah mendapatkan sertifikat penghargaan dari Ketua Senat Dewan Guru Besar Prof. Dr. Hendropriyono, S.H., M.H., sebagai Dosen yang terbaik di STHM “AHM-PTHM” Ditkumad yang diberikan pada saat buka puasa bersama di Gedung Darmawangsa Jakarta. Ternyata penghargaan itu memang sudah pantas diberikan kepada Prof. Tjip karena berkat tangan dingin beliau juga bersama Kepala Sekolah Al-Bayan, Pesantren ini bisa terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia.

Kehadiran kita disini, “sebagaimana yang telah disampaikan oleh Prof. Tjip tidak lain untuk mempererat tali silahturahmi dan menindaklanjuti materi Hukum Dagang, dalam hal ini bagaimana manajemen yang telah dilakukan oleh SMA Pesanren Al-Bayan bisa terkenal sampai ke penjuru dunia padahal SMA Al-Bayan baru berdiri selama 20 tahun”. “Tutur Ibu Tetty”

Diakhir sambutannya, Doktor Lulusan Universitas Pajajaran Bandung menegaskan bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh SMA Pesantren Al-Bayan ini tidak lain berkat doa dan sodaqoh yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan guru-guru pembimbing yang dengan tulus ikhlas memberikan ilmu kepada anak didiknya tanpa pamrih.

Sebelum Kepala Sekolah SMA Pesantren Unggul Al-Bayan menyampaikan sambutannya, sebagai pengantar terlebih dahulu Prof. Tjip menyampaikan dimana kita ketahui bersama bahwa Kepala Sekolah beserta guru-guru pembimbing di SMA ini menggunakan baju hijau, hal ini tidak lain karena mereka cinta kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kemudian lebih lanjut Prof. Tjip menjelaskan bahwa materi Hukum Dagang ini ada kaitannya dengan dunia pendidikan yaitu pada umumnya suatu lembaga pendidikan merupakan lahan bisnis sebagaimana yang telah dilakukan oleh Universitas Bina Nusantara (Binus). Dimana Binus telah berhasil membentuk sekolah yang dilengkapi dengan bisnisnya. “Jelas Prof. Tjip”

Kemudian sambutan dari Kepala Sekolah SMA Pesantren ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Tjip sebagai Dewan pendiri dan penasehat Yayasan Bina Umat Sejahtera Semesta (YBUSS) yang membawahi 9 unit sekolah yang tersebar di Tanah Air Indonesia beserta rombongan dari STHM “AHM-PTHM” Ditkumad atas kehadirannya di SMA Pesantren Unggul Al-Bayan, semoga kehadirannya disini dihitung sebagai amal soleh.

Dengan adanya kehadiran rombongan STHM ini, Drs. Heriyanto selaku Kepala Sekolah SMA Al-Bayan ingin membagi kebahagiaannya. Dimana menurutnya kurang lebih sudah 20 tahun dari tahun 1999 diperinahkan oleh Prof. Tjip untuk melaksanakan pengabdiannya sebagai seorang guru sekaligus sebagai bapak di SMA Al-Bayan ini, diawali dengan tempat yang sederhana yaitu Masjid dan asrama putih selebihnya adalah kebun. Namun dengan kegigihan dan kerja keras para guru SMA Al-Bayan ini, Alhamdulillah yang awalnya hanya 1 sekolah, saat ini SMA Pesantren Al-Bayan sudah memiliki 9 sekolah yang tersebar di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa “SMA Pesantren Unggul Al Bayan didirikan oleh Yayasan Bina Ummat Sejahtera Semesta (YBUSS) yang mendapatkan dukungan penuh dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Republik Indonesia berdasarkan kesepakatan bersama antara YBUSS dan BPPT No. 01/BPPT-YBUSS/VI/1999, berdiri sejak tahun pelajaran 1999/2000 yang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak K.H. Abdurrahman Wahid”. “Tegas Kepala Sekolah”

Menurutnya, SMA Pesantren Unggul Al-Bayan memiliki Visi Penumbuhan pribadi yang seimbang dalam penghayatan imaniah, penalaran ilmiah, dan memiliki kecakapan amaliah sehingga tercipta pribadi yang berakhlak mulia serta memiliki Misi yaitu :

  1. Menjadikan Rida Allah SWT sebagai tujuan dalam belajar dan bekerja secara professional.
  2. Membentuk pribadi yang cerdas, kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia.
  3. Mengaplikasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran dan pelayanan.
  4. Mengaplikasikan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai dengan penghayatan religius sebagai bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Adapun kurikulum dan system pembinaan menurut keterangan kepala sekolah menggunakan kurikulum 2013 yang menekankan sains, kreativitas, dan keunggulan lokal berupa pendidikan Akhlak Mulia (Dirasah Islamiah) dengan berbasis pada lingkungan. Selain itu yang menjadi unggulan disini, SMA Al-Bayan masih dapat mempertahankan prestasinya dimana penilaian dari Asesor, SMA Al-Bayan mendapatkan Akreditasi A dengan nilai 98. Kemudian SMA Al-Bayan mendapatkan penghargaan Raksa Persada dan terpilih sebagai Sekolah Adiwiyata pada tahun 2013 dan masih banyak lagi prestasi yang telah diraih. Pada tahun 2019 Siswa SMA Al-Bayan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional telah meraih Medali Emas dan juga para guru pembimbing telah meraih juara sebagai juara umum di OSN tersebut.

Tahun 2018 kemarin alumni SMA Pesantren Al-Bayan 95%, masuk di perguruan tinggi negeri favorit, hal ini tidak terlepas karena adanya kerjasama antar guru, dimana managemen yang diberikan oleh Prof. Tjip dan teman-teman di Yayasan adalah managemen partisipasif. Managemen Partisipasif ini semua terbuka dan dalam rapat melibatkan semua guru dilibatkan dan tidak mendominasi salah satu guru namun tetap dalam kendali Kepala Sekolah. Managemen Partisipasif ini menumbuhkan Dedikasi, kepercayaan sehingga akhirnya para guru SMA Al-Bayan terperosok ke jalan yang benar. “Pungkas Kepala Sekolah”

Acara selanjutnya, Rombongan STHM “AHM-PTHM” Ditkumad melihat sarana prasarana mulai dari Asrama, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Multi Media, Klinik Kesehatan, Perpustakaan, dan Gedung Olah Raga. Kemudian dilanjutkan wawancara untuk disiarkan di radio Albayan dan live via Instagram yang dalam kesempatan ini dilaksanakan oleh Prof. Dr. Tjip sendiri dengan narasumber Ketua STHM Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina, S.H., M.H.  dan Ka Prodi S2 Kolonel Chk Dr. Tiarsen Buaton, S.H., M.H. setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan diakhiri sholat Jumat bersama bagi umat muslim.

Turut hadir dalam acara, Para Pejabat STHM “AHM-PTHM”, Para Pa, Ba, Ta dan PNS STHM “AHM-PTHM” dan Para Pamasis Angkatan XXI, XXII, XXIII dan XXIV STHM “AHM-PTHM” Ditkumad. (Pamasis XXII/STHM)

 


TAG